-->

Header Menu

WAJIB TAHU! Peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan bisa Dapat Bantuan Ini di Tahun 2022, Ini Cara Cek Penerimanya

Berikut informasi penting bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan pemilik Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS Kesehatan tahun 2022.



Pasalnya, Pemerintah memastikan bahwa peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan yang memenuhi kriteria tertentu akan menerima bantuan.

Cek  Kepastian Nama Anda Terdaftar Penerima Bantuan KIS BPJS Kesehatan DISINI

CEK Pemilik Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS Kesehatan DISINI

Seperti diketahui, pemilik Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan pertama secara gratis berarti masuk ke dalam golongan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Baca Juga: Cek Status Nama di pip.kemdikbud.go.id, Rp2,7 Triliun Dana PIP CAIR ke 4,4 Juta Siswa SMP, Buruan Cek Rekening

Penerima Bantuan Iuran (PBI) merupakan bantuan yang diberikan kepada pemegang KIS BPJS Kesehatan.

Nantinya, penerima bantuan iuran ini tidak perlu membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya.

Hal ini sebagaimana dilansir Seputarlampung.com dari laman jkn.kemkes.go.id terkait dua kelompok peserta BPJS Kesehatan.

Peserta BPJS Kesehatan ada 2 kelompok yaitu:

1. PBI Jaminan Kesehatan

Penerima Bantuan Iuran (PBI) adalah peserta Jaminan Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu sebagaimana diamanatkan UU SJSN yang iurannya dibayari Pemerintah sebagai peserta program Jaminan Kesehatan.

Baca Juga: Total hingga Rp2,7 Triliun Dana PIP SUDAH CAIR ke Rekening Siswa SMP, SEGERA Cek Namamu di pip.kemdikbud.go.id

Peserta PBI adalah fakir miskin yang ditetapkan oleh Pemerintah dan diatur melalui Peraturan Pemerintah.

2. Bukan PBI jaminan kesehatan

Peserta bukan PBI jaminan kesehatan terdiri dari:

1) Pekerja penerima upah dan anggota keluarganya.

2) Pekerja bukan penerima upah dan anggota keluarganya.

3) Buka pekerja dan anggota keluarganya

Pada tahun 2022, Pemerintah akan mengenalkan program kesehatan yang baru ke masyarakat. Sebelumnya diketahui bahwa selama ini terdapat 3 kelas rawat inap BPJS, yakni kelas 1, 2, dan 3.

Di tahun 2022 pengelompokan kelas ini akan dihapus dan beralih ke standar. Namun, sebelum penghapusan ini dilaksanakan, pemerintah berencana melakukan transisi kelas rawat inap. Nantinya, kelas 1, 2, 3 akan beralih ke kelas A standar dan B standar.

Baca Juga: Bansos PKH Cair Lagi Tahun 2022, Ini Cara Daftar DTKS Kemensos secara Mandiri, Bawa Dokumen Ini ke Kelurahan

Kelas A standar akan diperuntukkan bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI) JKN-KIS, dan kelas B untuk non-PBI.

Cara Cek Penerima Bantuan Iuran JKN-KIS BPJS Kesehatan

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah nama Anda termasuk sebagai penerima bantuan iuran (PBI) JKN-KIS BPJS Kesehatan?

Cara mengecek nama peserta penerima bantuan iuran JKN-KIS BPJS Kesehatan 2022 yakni dengan membuka laman https://cekbansos.kemensos.go.id/ (KLIK DI SINI).

Setelah masuk dengan nama, provinsi, kota, dan kecamatan sesuai KTP, cek di kolom PBI BPJS Kesehatan. Pada kolom tersebut terdapat keterangan sebagai penerima atau tidak.

Perlu diketahui bahwa penerima bantuan iuran BPJS Kesehatan harus terdaftar DTKS.

Sebab, DTKS merupakan basis data untuk program bantuan sosial pemerintah di semua kementerian, termasuk Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Pemilik Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS Kesehatan Bisa Dapat 3 Bantuan Ini Januari-Februari 2022, Apa saja?

Data Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) dipersyaratkan merupakan warga miskin dan memiliki NIK yang padan dengan data Dukcapil.

“Data yang tidak padan dengan NIK di Dukcapil, tidak bisa diberikan bantuan. Data yang belum padan ini harus dikeluarkan. Sebabnya bisa karena pindah segmen, meninggal dunia, data ganda, atau mungkin sudah tidak lagi termasuk kategori miskin,” kata Mensos dalam jumpa pers di Kementerian Sosial, 27 September 2021 seperti dikutip dari Kemensos.go.id/.

Penerima bantuan iuran atau PBI KIS BPJS Kesehatan ini ditargetkan mencapai 96,7 juta orang.

Sementara, sampai dengan 31 Desember 2021, penerimaan iuran peserta JKN-KIS tercatat mencapai Rp139,55 triliun sebagaimana dikutip dari laman https://bpjs-kesehatan.go.id/.

Demikian informasi penting terkait bantuan iuran bagi peserta Program JKN-KIS BPJS Kesehatan tahun 2022.***

Sumber : https://seputarlampung.pikiran-rakyat.com/

1 Response to " WAJIB TAHU! Peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan bisa Dapat Bantuan Ini di Tahun 2022, Ini Cara Cek Penerimanya"

  1. Lucky Eagle Casino & Resort Spa | Mandiri, MN - Mandiri Hotels
    The Lodge 제천 출장샵 is located at 통영 출장안마 3814 안산 출장안마 West Sahara Avenue 평택 출장마사지 South, Mandiri, MN 38664. The Lodge is located at 3814 West Sahara Avenue South, Mandiri, MN 용인 출장안마 38664.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel